Pengguna Market Place Wajib Berhati-Hati dengan Modus Penipuan Baru

Beberapa hari lalu, masuk telepon dari nomor yang tak tersimpan di hp.

Oknum: Halo. Dengan Hpo Etnik Jakarta?

Saya: Betul Mas

O: Saya Adrian dari tim IT Centre S***pe. Kami sedang melakukan pengecekkan. Apakah beberapa hari ini Ibu merasakan kendala pada sistem S***pe?

S: Tidak ada Mas. Lancar2 aja.

O: Baik. Karena di sistem kami, terindikasi ada kendala pengiriman notifikasi penjualan sehingga banyak notifikasi yang tidak masuk ke aplikasi pengguna. Ini tentu akan mengganggu penjualan. Apakah Ibu tidak tahu terkait kendala ini?

S: Tidak Mas

O: Ya, karena kendalanya pada pengiriman notifikasi, sehingga tentu saja pengguna tidak tahu bahwa ada notifikasi yang terpending. Untuk memperbaiki dan mengirimkan notifikasi yang terpending ini ke Ibu, kami perlu kode verifikasi yang akan dikirimkan lewat sms sebentar lagi ke hp Ibu.

S: Oh gitu ya..

O: Iya Ibu.. nanti Ibu tlg sebutkan nomor kode verifikasinya untuk proses perbaikan yang kami lakukan. Apakah sudah masuk Ibu, smsnya?

Klik. Saya matikan sajalah teleponnya ๐Ÿ˜Š
Saya cek, memang masuk sms yang berisi kode verifikasi. Dan tertulis juga pada sms agar tidak memberitahukan kode verifikasi kepada siapapun, termasuk kepada tim S***pe.

Lalu, si penelepon masih mencoba menelepon berkali-kali setelah telepon saya tutup tadi. Dan saya malas angkat teleponnya.

Saya paham ini pasti modus penipuan di Market Place.

Kode Verifikasi pada Market Place sama seperti kode OTP (One Time Password) pada kartu debit maupun kartu kredit, yang biasanya hanya berlaku beberapa menit dan dikirimkan ke nomor hp yang terdaftar.

Mereka bisa apa memangnya dengan kode verifikasi itu?
Mereka bisa mengganti password, bisa melakukan transaksi, dan mencairkan / mengakses dana yang tersimpan pada S***pePay.

Sayangnya, pengalaman beberapa Seller yang sudah kena jebakan ini tidak bisa memproses balik dana mereka yang terkuras karena dana bukan dicairkan ke rekening Oknum, tapi digunakan untuk dibelanjakan, sehingga pihak S***pe yang amat tanggap menangani permasalahan ini juga tidak bisa melakukan tindakan.

Jadi, hati2 ya Kawan2 pengguna Market Place. Kode Verifikasi disimpan untuk sendiri aja. Karena kalau buat rame2, namanya traktiran ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

Salam,

owner hpo.etnik.jakarta

Advertisements

About Febriana

Mama Rasikha. Ibu bekerja. Pemimpi. Pengejar impian. Selalu ingin menjadi rendah hati..
This entry was posted in Enterpreneur Wanna be and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s